Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Inilah 7 Cara Mencari Teman yang Baik

OPINI | 25 January 2013 | 10:34 Dibaca: 8743   Komentar: 2   0

Mengapa teman begitu sangat penting bagi kehidupan seseorang? pertannyaan seperti ini sering sekali terbesit didalam benak kita. karena Manusia belum terlalu mampu untuk memecahkan masalah yang ada padanya secara sendiri, maka dari itu teman sangat begitu penting dalam menentukan perjalanan hidup seseorang ketika ia hendak melangkah, menentukan arah jalan hidup untuk dirinya. Karena seorang pemuda pada umumnya masih terombang ambing. Karena ia masih dalam usia yang terbilang muda.

Pernahkah anda menyadari bahwa manusia pada hidup ini hanya memiliki satu tujuan, yaitu untuk beribadah kepada Allah swt semata dan tidak menyekutukannya dalam bentuk apa pun. yaitu untuk mengabdikan diri kepadanya. namun banyak rintangan, hambatan, maupun rintangan yang akan menyulitkan seseorang dalam mencapai kesuksesan dan manisnya dalam mengabdi kepada-Nya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak sekali para pemuda yang menghabiskn waktunya hanya untuk bersenang senang, baik itu mulai dari perkara mubah hingga sampai perkara yang diharamkan oleh Allah, yang dapat menjauhkan seorang pemuda dari mengingaat Allah.

seorang pemuda diwajibkan atas dirinya menuntut ilmu agar hidupnya bahagia di dunia maupun di akhirat. Seorang pemuda seharusnya menghabiskan waktunya untuk menuntut ilmu dan menghadiri majelis keilmuan yang dapat mendatangkan keridhoan Allah dan para malaikat-Nya.

Namun apa yang terjadi, begitu pilu hati ini ketika melihat seorang pemuda yang menghabiskan waktunya ketempat tempat hiburan, tempat hiburan malam yang sudah pasti akan melalaikan ia dari mengingat Alllah sang pencipta alam semesta. Begitu sedih hati ini ketika melihat para pemuda di zaman ini lebih memilih pergi ketempat tempat hiburan yang penuh akan maksiat. yang banyak mengundang kemaksiatan.

Pada saat ini banyak sekali kemaksiatan meraja rela ditengah tengah masyarakat yang sudah tidak mencerminkan akhlak yang terpuji. Para gadis usia belia yang seharusnya menjaga kemaluannya dihadapan pria yang bukan mahramnya, dengan bangga ia melakukan kemaksiatan dengan teman sebayanya. Melakukan perbuatan yang dapat mendatangkan murka Allah dan siksa-Nya yang amat dahsyat.

Bahkan ia Dengan sangat bangga menampakkan auratnya kepada pria yang jelas jelas haram baginya untuk memperlihatkan auratnya. Memang nasib pemuda zaman ini begitu hancur. Tak dapat dipungkiri lagi keadaanya.

Jamak diketahui bahwa banyak para siswa yang masih duduk Dibangku smp, sudah banyak para gadis yang mengaku telah kehilangan kehormatannya karena takut sang kekasih akan pergi meninggalkannya. Tidak cukup sampai disitu, belum lagi sampai di masa sarjana, pada awal lembaran baru dalam kehidupannya, ia sudah menghiasi hidupnya dengan kemaksiatan. Na’uzubillah.

banyak para pemuda yang masih duduk dibangku sma sudah sibuk merayu pacarnya yang belum tentu akan menjadi pendamping hidupnya, ia disibukkan dengan hal hal yang mengandung banyak sekali mudharat bagi kehidupannya.

Para orang tua sepertinya sudah seakan akan sudah tidak kawatir lagi dengan nasib anaknya yang katanya sangat mereka cintai dan sayangi.

Saya ingin mengajak anda untuk bermuhasabah kembali mengenai pemuda Di zaman ini yang lebih mencinntai kekasihnya yang semu daripada memperjuangkan harkat dan martabat agamanya. Betapa sedih hati ini ketika melihat di pinggir jalan sana, banyak para pemuda yang menghabiskan waktunya untuk bersenang senang dengan teman teman mereka. Mereka mengaku sebagi pun’k rock jalanan. Dengan baju mereka yang sobek, sepatu mereka yang mengerikan. Akankah mereka tahu bahwa perbuatan mereka itu akan sia sia dan mendatangkan murka Alllah.

Banyak sekali kemaksiatan yang mereka lakukan seperti mencuri, pesta narkoba, berjudi, meminum minuman keras, dan masih banyak lagi kejahatan yang mereka lakukan. jamak diketahui bahwa negara ini memang memiliki banyak sekali masalah. Namun sangat menyedihkan sekali jika pemuda bangsa ini pun harus merasakan imbasnya.

Dari masa ke masa kita ketahui bahwa peran pemuda sangatlah dibutuhkan dalam pembentukan Negara ini. Para pemudalah yang akan menaburkan benih benih perubahan pada bangsa ini.

Kita beranjak kepada zaman rasulullah, ketika itu rasulullah hendak berangkat dalam perperangan. Dalam keadaan hendak berperang, ketika itu banyak sekali para pemuda yang merapatkan saf bersama rasulullah yang ingin pergi berperang untuk memerangi orang-orang kafir ketika itu. Tidak cukp sampai disitu, anak kecil pun ingin sekali berangkat berperang, namun meereka tidak diizinkan oleh rasulullah Karena mengingat usia mereka masih begitu belia.

Namun sekarang , sangat terbalik sekali dengan keadaan pemuda dizaman dahulu. jika dahulu saja imam syafi’I mampu dan bisa belajar hanya dengan diteman oleh sebatang lilin. Kini para pemuda sekarang tengah asyik dengan internet. Jika dulu saja ada seorang pemuda yang menghabiskan waktunya untuk bersujud dikeheningan malam. dan ia tidak pernah meniggalkan shalat malam dialah Muhammad al faith, yang telah mendedikasikan waktunya hanya untuk menegakkan kalimat tauhid dimuka bumi Allah ini. Namun bagaimana dengan pemuda di zaman ini. Sungguh ironi sekali.

Aneh memang, namun itulah yang terjadi pada saat sekarang ini, sebuah peristiwa yang sangat menyedihkan dan menggores jiwa.

Sebuah peristiwa yang membutuhkan peran khusus dan extra untuk memperbaikinya. Karena sesungguhnya nasib Negara ini tergantung kepada pemudanya. Karena pemuda adalah penerus generasi yang akan mengangkat harkat dan martabat negara ini.

Dengan permasalahan yang begitu rumit ini, masihkah anda mampu mengatakan bahwa teman itu tidak dibutuhkan? Itu adalah jawaban anda masing-masing.

Terus terang saya katakan bahwa saya memliki seorang sahabat yang mendedikasikan waktunya dijalan Allah, ia mengeluarkan hartanya hanya dijalan Allah, ketika kami sekolah ia sering sekali tidak jajan kekantin sekolah hanya dengan alasan untuk menabung untuk keperluan lain.

Dibalik itu ternyata ia menghabiskan uangnya untuk membantu perjuangan kaum muslimin.

Ketika itu saya sedang benar-benar dalam kelaparan. Namun, mengetahi hal itu sahabat saya yang begitu baik, ia langsung memberikan makanan yang ia miliki satu satunya kepada saya pada saat itu. Sungguh ironi rasanya ketika saya mengetahui bahwa ia juga begitu kelaparan. Namun ia lebih mendahulukan sahabatnya daripada dirinya sendiri.

berdasarkan yang penulis ketahui bahwa teman yang baik akan mendorong temannya untuk berbuat kebaikan . teman yang baik akan mendorong temannya untuk jauh lebih sukses darinya untuk itu memilah dan memilih teman dalam bergaul itu sangat penting. Sekali saya katakana itu sangat penting.

berdasarkan pengalaman yang telah saya lalui, banyak sekali teman yang telah mengkhianati saya. Namun saya berusaha untuk sabar menghadapinya.

Jika anda berteman kepada penjual minyak wangi maka anda akan ikut terkena wanginya. namun sebaliknya, bila anda berteman kepada penjual arang maka anda akan terkena hitamnya. Kutipan ini sering kali terniang dihati saya. Pada aspek kajian sosiologi (maklum saya pernah belajar sosiaologi diangku seekolah) seorang teman yang bergaul dengan teman yang baik maka ia akn menjadi ikut-ikutan baik juga.

Namun bagaimankah cara memilih teman yang baik? Pertanyaan ini mungkin telah muncul dihati anda. Tenanglah karena beberapa saat lagi anda akan mengetahui caranya. saya akan paparkan sedikit cara caranya. Cara ini bisa anda praktekan dikehidupan anda. Satu hal yang ingin saya tekankan pada anda bahwa tips ini hanya sedikit dari banyaknya cara untuk mendapatkan teman yang baik. Bagi anda yang tidak berminat atau pun tidak cocok dengan cara ini. Maka, saran dari saya anda tidak perlu melakukannya. anda dapat melakukan cara lain. Berikut akan saya paparkan. Baiklah ini dia.

1.Berdoa kepada Allah

Bagi anda yang sangat-sangat ingin mendapakan teman yang baik, yang menghibur hati ketika saat berduka, yang menemani anda ketika dalam keadaan senang maupun ketika anda susah. Maka, cara inilah yang harus anda lakukan . yaitu berdoa kepada tuhan pemilik alam semesta ini. Yang telah menciptakan makhluk berpasang pasangan. Zat yang telah mencukupkan nikmatnya kepada seluruh hambanya yang ia kasihi. Anda harus berdoa kepadanya dengan penuh harap. Sadari pula bahwa anda hambanya yang lemah. Maksud saya, jangan pernah sekali kali anda merasa tidak membutuhkan-Nya.

Berdoa merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan sebab hanya Allahlah yang mampu menggerakkan hati seorang hamba. Dan dialah zat yang mampu memberikan hidayah kepada hambanya. Hal ini pernah dilakukan oleh baginda rasulullah saw. Ketika beliau berdoa kepada Allah agar ia menjadikan umar sebagai sahabatnya yang akan meninggikan ajaran yang dibawa oleh baginda rasulullah saw.

So, tidak ada salahnya dan tidak ada dosanya anda mencoba cara ini.

2. Mendekatkan diri kepada orang soleh

Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan teman yang baik sementara anda asyik pergi ketempat-tempat hiburan. Maka cara ini perlu anda lakukan. Anda harus pergi ketempat tempat pengajian, majlis ilmu (ta’lim), masjid yang merupakan tempat orang saleh. Karena teman yang anda cari adalah teman yang baik. Maka, dari itu teman yang baik tidak mungkin anda temukan ditempat hiburan malam, tempat diskotik ataupun bar dan café yang banyak menyebabkan seseorang jatuh kepada lembah kemaksiatan.

Satu hal yang harus anda ketahui bahwa cara ini telah saya buktikan. Dan terbukti berkhasiat (hehehe, seperti jamu saja ya, pakai khasiat-khasiat segala). Bagi anda yang enggan mendatangi tempat-tempat seperti masjid maka saran saya anda harus membiasakannya dari sekarang. Anda tidak perlu ragu. Karena sebentar lagi hidayah Allah paasti akan turun kepada anda.

3. memperbanyak bersilaturahmi kepada sanak saudara

Ketika saya pergi ketempat saudara saya, saya merasa bahwa saya telah mendapat banyak sekali pelajaran dan motivasinya. Banyak sekali dijelaskannya kepada saya baik itu dimulai dari moivasi menuntut ilmu, hingga kepada pribadi dan akhlak yang baik. Hal ini sangat bagus anda praktekan. Karena rasulullah telah menganjurkan umatnya untuk bersilaturahmi. Karena silaturahmi mampu mendatangkan rezeki dan memperpanjang umur. Juga perlu anda sadari bahwa bagaiman pun dan sesibuk apapun anda. Jangan pernah meninggalkan budaya silaturahmi pada diri anda, karena hal ini sangat perlu anda lakukan karena hal ini mampu mempererat tali persaudaraan seseorang.

4. memasang wajah ceria dan simpatik kepada orang lain

Hal ini merupakan salah satu sebab yang akan mendorong anda mendapatkan teman yang baik. Karena anda akan menjadi pribadi yang baik dan disenangi oleh orang banyak. Orang yang baik pasti berteman dengan orang baik. Begitu juga sebaliknya. Begitu anda sadar bahwa ia teman yang baik. maka jangan terburu-buru dulu untuk banyak-banyak menceritakan perihal mengenai hidup anda. Tapi cobalah mencoba untuk tidak berlebih-lebihan dalam berbicara.

5. memperbaiki diri

Menjadi persoalan yang aneh apabila ada seorang ustad berteman kepada pereman kampung. Bagaikan seekor kucing berteman kepada seekor tikus. Hal yang harus anda lakukan adalah memperbaiki diri anda. Apaka anda sudah pantas berteman kepada orang saleh ataukah sebaliknya anda belum pantas berteman dengannya.

Memperbaiki diri adalah cara yang akan menjadikann anda pribadi yang disukai. Karena sesungguhnya semut akan mendatangi tempat yang manis yakni gula. Begitu anda yakin bahwa anda sudah baik maka teruslah memperbaiki diri.

6.Aktif mengikuti kegiatan bakti sosial

Seorang teman yang baik pasti ia akan selalu mendatangi tempat yang baik. Maka bagi anda yang ingin mendapatkanteman yang baik. Maka cara ini akan mampu menghantarkan anda kepada teman yang baik. Anda pun harus mendekatkan diri kepada orang yang aktif dalam kegiatan bakti sosial. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang suka berbelas kasih. maka seorang teman akan menyadari bahwa teman yang baik akan selalu ada bagi mereka yang mendedikasikan waktunya ketempat-tempat yang baik.

7. berfikir positif

Berfikir positif sangatlah penting dalam kehidupan yang akan anda jalani. Seiring dengan perjalanan waktu, anda akan akan menemukan batu kerikil, yang akan meyusahkan perjalanan anda, akan banyak sekali rintangan dan gangguan. Ketika anda mencoba mendatangkan pikiran positif kepada pikiran anda maka anda pun akan menjadi seorang yang tahan banting.

Bersykur dan tetapalah berbaik sangka kepada Allah swt. Karena bersyukur adalah faktor utama bagi seseorang yang akan mendorong anda kepada kebaikan. Tetaplah tersenyum dan bahagiakan harimu dengan menghibur seseorang yang sedang dalam keadaan sulit. Bersikaplah lebih dewasa.

“Janganlah terlalu memaksakan diri anda untuk menjadi matahari yang memberikan sinarnya yang begitu dahsyat, tetapi anda cukup menjadi sebatang lilin yang kelak sangat dibutuhkan disaat-saat yang sangat-sangat genting”.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jokowi Ogah Ditinggal Relawan …

Nurul | | 23 August 2014 | 17:17

Badan Pegal di Raja Ampat, Sentuh Saja …

Dhanang Dhave | | 23 August 2014 | 12:10

Gebrakan Trio Jokowi-AHOK-Abraham Samad = …

Den Bhaghoese | | 23 August 2014 | 11:37

“Pah, Sekarang Mamah Lebih Melek Politik …

Djoel | | 23 August 2014 | 18:00

Kompasiana Nangkring bareng Sun Life: …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 12:58


TRENDING ARTICLES

Dilema Makan Nasi Dalam Bakul …

Giri Lumakto | 4 jam lalu

“Ahok Si Macan Putih dari …

Pakfigo Saja | 6 jam lalu

Kacaunya Pagelaran Ulang Tahun RCTI ke-25 …

Samandayu | 6 jam lalu

Febriana Wanita Indonesia Jadi Bintang dalam …

Tjiptadinata Effend... | 7 jam lalu

Pilpres: Beda Prabowo & Megawati …

Mania Telo | 12 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: