Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Hilman Dr.puradiredja

Studium,Specialisasi Bedah Visceral dan Traumatolog,DR. Med Christian Albrecht Univ.Kiel Germany. Mengikuti Perkembangan di Indonesia, Mencintai Indonesia selengkapnya

Siapa yang Percaya adanya Hidup Setelah Mati?

REP | 04 March 2011 | 04:34 Dibaca: 4286   Komentar: 7   1

Semua manusia ingin mengetahui apa yang akan terjadi setelah kita mati.

Biarpun ada yang mengatakan bahwa mati itu artinya sama dengan mahluk lainya seperti binatang dan tumbuh tumbuhan yaitu  badannya  akan busuk, akan hancur dan ahirnya menghilang .karena ini adalah satu proses alam, kebanyakan manusia tidak puas dengan penjelasan ini.

Kebanyakan manusia berpikir , bahwa badan kita ini kalau mati memang akan busuk hancur dan menghilang, tetapi selain badannya,manusia itu masih  punya satu jiwa ( Soul)

Apa yang akan terjadi dengan jiwa manusia  setelah mati ?

Apakah ini juga akan hilang musna ? Atau barangkali jiwa ini tidak hilang , tetapi hidup kembali .Artinya ada kehidupan baru setelah mati.

Menurut penelitian dalam bidang keagamaan dan penelitian etnografi menunjukan bahwa kebanyakan manusia percaya akan  adanya hidup setelah mati.

Penjelasan tentang hidup seteleh mati sumbernya terutama dari Keagamaan, akan tetapi juga banyak penjelasan atau berita dari bidang  ilmu pengetahuan , dari kepercayaan yang berdasarkan pengalaman ,ketahalyuan, teori Reinkarnasi dan Pengamatan manusia yang dekat dengan kematian.

Kalau ada hidup setelah mati, bentuk apa atau apa yang akan terjadi dengan kehidupan setelah mati ini.

Ini semua selalu menjadi pikiran setiap manusia , apa lagi manusia yang sudah ada umur.

Sebetulnya ada baiknya atau sangat berguna kalau kita tahu apa yang akan terjadi setelah kita mati.Artinya manusia bisa mempersiapkan diri, karena mati itu satu hal yang tidak bisa dihindarkan.

Jadi pertanyaannya :

1. Apakah ada kehidupan setelah mati ?

2. Apa yang akan terjadi dengan hidup yang setelah mati ini ?

Pandangan tentang hidup setelah mati menurut Keagamaan

Dalam Keagamaan dikatakan bahwa ada hidup setelah mati dan apa yang terjadi dengan  hidup manusia setelah mati ini juga diterangkan ,tetapi penerangannya  itu tidak sama, tergantung agamanya..Setiap Agama menjelaskan tentang hidup setelah mati ini berbeda beda.

Menurut Agama AgamaTimur :

Agama Agama timur yang dikenal sebagai Agama yang meyakini adanya kekekalan Dunia. Dunia ini Abadi, tidak akan menghilang ( tidak ada yang dinamakan hari Kiamat ).Yang termasuk Agama ini adalah Hindu, Buddha dan Universisme.

Dalam Hindu dan Buddha menerangkan adanya hidup yang berulang ulang ( Reinkarnasi ) dimana manusia dengan perbuatannya menentukan hidup yang akan datang , hidup setelah mati( Karma ) .Menurut Hindu putaran tidak akan ada putusnya ( Transmigrasi Jiwa ), sedangkan Buddha mengatakan bahwa putaran ini dengan tercapainya kesempurnaan hidup akan terputus dan manusia akan hidup abadi di Nirwana.

Universisme yaitu satu kesatuan nama dari berbagai kepercayaan yang ada di Cina .Tetapi tidak ada kesatuan keyakinan bersama.Menurut Taoisme Manusia terdiri dari Yang Chi ( Arwahnya  ) dan Ying Chi ( Fisik ).Pada waktu manusia meninggal Yang Chi akan keluar meninggalkan Fisiknya ( Ying Chi ). Dengan adanya Ritual yang benar Yang Chi bisa masuk kesatu Leluhurnya yang tepat dan Ying Chi akan menemukan ke damaian yang abadi.

Menurut yang dinamakan Agama barat ( Yahudi, Kristen dan Islam ).

Meskipun tiga Agama ini sumbernya dari Nabi Ibrahin atau Abraham ada perbedaan dengan konsepsi Tuhan , tetapi ketiga Agama berkeyakinan sama yaitu Jiwa seorang yang meninggal akan hidup selamanya dan satu saat akan dibangkitkan , akan diadili Tuhan, dimana tergantung dengan perbuatannya akan hidup di Syurga atau di neraka.

Pandangan lain yang dinamakan “People ´s faith “,Yang percaya Tahayul :

Bukan sajah umat yang beragama yang percaya adanya hidup setelah mati, tetapi golongan inipun percaya bahwa hidup itu lah mati tidak berahir.Jiwa manusia yang sudah mati ini menurut mereka bisa gentayangan.

Di Indonesia sering dengar adanya Bayangan Embah yang sudah lama mati yaitu di Kuburannya yang sering di kunjungi orang, karena dianggap keramat, banyak juga cerita tentang satu Bayangan manusia yang sudah mati umpamanya di satu Rumah Tua atau satu  pohon besar atau di Ingris banyak sekali cerita umpamanya di Keraton tua di Inggris yang di tunggui oleh orang gaib seperti yang terkenal Huibu, Rumania jang paling banyak adanya cerita tentang manusia yang sudah mati dan terlihat sebagai Gaib .Cerita yang terkenal didunia adalah cerita Drakula.

Dari bidang  Ilmu Pengetahuan :

Sementara ini keinginan manusia untuk membuktikan adanya kehidupan setelah mati bukan sajah di dalam Agama dibicarakan tetapi juga oleh para Ilmuwan yang dinamakan Pengetahuan Parapsikologi.

Parapsikologi telah menyelidiki  beberapa Fenomena yang menunjukan  adanya kehidupan setelah mati.

1.Penampilan

Definisi yang tepat itu tidak ada karena “Penampilan ” ini katanya terjadi dalam  beberapa bentuk  yang berbeda beda.Berita yang dilaporkan oleh masyarakat Inggris ( British Society for Psychical Reseach ) memberitakan  sekitar 10 % dari Penduduk di Inggris pernah yang mengalami persepsi sensorik, yang bisa digambarkan sebagai Penampilan.Ini berupa satu komunikasi antar yang sudah meninggal dengan yang ditinggalkannya , umpamanya keluarganya.Seperti adanya kemauan  dari yang telah mati untuk memberikan Pesan kepada yang manusia yang masih hidup,yang ditinggalkan.Seperti pesanan yang  sangat penting untuk memberi tahu umpamanya tentang penyebab Kematiannya, Penyakitnya  atau satu  kecelakaan , jadi seperti ingin memberi  peringatan.

2.Psikofotografi

Petunjuk lain ingin membuktikan adanya Kehidupan setelah mati diusahakan oleh yang dinamakan  Psikofotogrfi dengan usaha membuat Foto Foto dari Muka seorang yang telah mati ,dimana dengan Film yang normal tidak bisa tertangkap. Tetapi mungkin ini hanya orang yang cari sensasi sajah .

3.Rekaman Suara

Dengan tehnik yang modern  berusaha suara orang yang sudah meninggal yang ditujukan kepada yang ditinggal untuk direkam.Umpamanya yang terkenal dulu tahun 1976 Rekaman dari Walter  & Mary Jo  yang di publik oleh Wilhelm Heyne Verlag 1976.Tetapi inipun terbukti hanya satu penipuan.

Reinkarnation :

Yang paling terkenal teori tentang keterusan hidup setelah mati adalah adanya teori Reinkarnation .Yaitu dengan cara Hypnose seseorang yang di Hypnose bisa menerangkan tentang kehidupan sebelumnya .

Teori ini pada ahirnya juga tidak dipercayakan , karena inin hanya suatu tentang sadar dan ke tidak sadaran seseorang yang di Hypnose dimana sebelumnya sudah di manipulasi oleh si Hypnosa.

Reaksi  dari seseorang yang sedang sekarat.

Pada waktu sekarang sudak terbukti adanya kebenaran bahwa seseorang yang kelihatannya mati , tetapi sebetulnya belum mati .Dalam Medis  dikatakan mati secara klinis bukan berarti ahir mati.Dengan tehnik Medis yang tinggi telah bisa dibuktikan bahwa yang kelihatannya mati untuk yang pendek bisa dihidupkan kembali.Dalam waktu yang pendek ini , orang melihat bagaiman satu Tubuh yang kelihatannya mati ( Rohnya sudah pergi ) dan hidup kembali, artinya Rohnya masuk kebadan lagi.Jadi yang dikatakan mati hidup kembali.

Biarpun berita yang seperti ini sukar untuk dimengerti, tetapi satu kenyataan bahwa yang sudah mati ( Biologi mati ) hidup kembali kembali biarpun hanya dalam yang pendek.

Dari Segi Fisik  :

Dalam hukum Fisika ada yang dinamakan kekekalan energi.Dinyatakan bahwa satu Energi tidak akan hilang ,tetapi hanya akan berubah bentuknya.

Kesimpulannya :

Dari seluruh penjelasan, pendapat tentang kemungkinan adanya hidup setelah mati , semuanya tidak membicarakan  tentang biologinya ( Fisik ) hidup manusia ,tetapi tentang keterusan hidup  dari satu Jiwa manusia setelah mati.

Tentang adanya keterusan hidup jiwa manusia sudah banyak dijelaskan, sehingga manusia biarpun penjelasan ini tidak semua masuk diakal manusia atau masih tercantum hal hal yang tidak dimengerti,mempercayai adanya hidup setelah mati.Alasannya adalah bahwa  semua yang terjadi baik dalam kehidupan atau kejadian dialam dunia ini selalu terdapat hal hal yang susah dimengertinya umpamanya bagaimana terciptanya alam semesta ini, jadi tentang hidup setelah matipun tidak bisa diterangkan seluruhnya.

Penyebab keraguan kepercayaan akan adanya hidup setelah mati yaitu mengenai penjelasan dari keagamaan yang berbeda .Artinya Agama yang sebenarnya sumber yang mejadikan manusia percaya akan adanya hidup setelah mati, tidak indentis dalam ketentuan apa yang terjadi dengan manusia setelah mati.

Atau ada kemungkinan setiap Agama dalam penjelasan tentang Tuhan dan kematian tidak diterangkan secara keseluruhannya , ada penyesuaian dengan jamannya atau ada juga perubahan oleh para pengikutnya dsb, jadi satu Agama hanya menerangkan sebagian dari seluruh Kebenaran tentang apa yang terjadi dengan hidup setelah mati.

Pada hakekatnya mungkin sebenarnya apa akan yang terjadi setelah mati , hanya akan diketahui kalau manusia sendiri sudah mati.Ole karena itu kepercayaan adanya hidup setelah mati  tetap tinggal sebagai kepercayaan yang individu.

Bagi saya pribadi , saya percaya akan adanya hidup setelah mati.

Saya pikir apa ruginya kalau saya percaya akan adanya hidup setelah mati ,dimana menurut ajaran seluruh Agama bahwa  hidup yang akan datang setelah mati akan lebih indah, kalau manusia dalam hidup sekarang ini berkelakuan baik..

Salam

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Seluk Beluk Industri Plastik …

Dhanang Dhave | | 16 April 2014 | 13:07

Perang Saudara Kian Dekati Timur Eropa …

Adie Sachs | | 16 April 2014 | 17:51

Pelecehan Anak TK di Jakarta International …

Sahroha Lumbanraja | | 16 April 2014 | 13:53

Cinta Nggak Cinta Itu Bisa Dijelaskan, …

Gilang Parahita | | 16 April 2014 | 14:49

Kompasianer Mengawal Pemilu 2014 …

Kompasiana | | 09 April 2014 | 04:17


TRENDING ARTICLES

Memalukan! Kapten Persebaya dan Pelatih …

Ethan Hunt | 9 jam lalu

Tolak Mahfud MD atau Cak Imin, PDIP Duetkan …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Benarkah ‘Bertemu Dubes AS, Jokowi …

Kosmas Lawa Bagho | 11 jam lalu

ILC dan Rakyat yang Mata Duitan …

Jonny Hutahaean | 11 jam lalu

Belum Semua Kartu Jokowi Terbuka …

Hanny Setiawan | 18 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: