Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Abah Fani Bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg selengkapnya

sholat khusyuk, apaan tuh?

OPINI | 22 February 2010 | 20:56 Dibaca: 278   Komentar: 16   6

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka “pegang” wudhu, maksudnya wudhu isya “dipegang” sampe subuh, wudhu lohor “dipegang” sampe ashar, wudhu ashar “dipegang” sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus “dipegang”? yak supaya “pegang2an” , supaya mesra geetooh lhoohh … supaya suasananya berkesinambungan … ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan “pegang2an” suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh … lagian pake apa megangnya … pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Waspada Oknum Polisi pada Ngumpet di Jalan …

Iskandar Indra | | 15 September 2014 | 16:23

Super Yuraaaa! Catatan Konser Balada Sirkus …

Irvan Sjafari | | 15 September 2014 | 21:23

Dampak Kasus Perkosaan Rutin Mewarnai Media …

Majawati Oen | | 15 September 2014 | 19:44

Kita adalah Dua Layang-layang …

Conni Aruan | | 12 September 2014 | 12:42

Dicari: “Host” untuk …

Kompasiana | | 12 September 2014 | 16:01


TRENDING ARTICLES

RUU Pilkada: Jebakan Betmen SBY buat Jokowi, …

Giri Lumakto | 8 jam lalu

Timnas U-23 Pimpin Grup E Asian Games …

Abd. Ghofar Al Amin | 9 jam lalu

Festival Film Bandung, SCTV, dan Deddy …

Panjaitan Johanes | 16 jam lalu

Berkunjung ke Tebet? Kunjungi Tempat Ini …

Ryu Kiseki | 18 jam lalu

Keluar dari Zona Nyaman …

Afrisal Planter | 19 jam lalu


HIGHLIGHT

Pilih ONH Reguler atau ONH Plus? …

Bonekpalsu | 8 jam lalu

Revolusi Mental, Mungkinkah KAI Jadi …

Akhmad Sujadi | 9 jam lalu

Perilaku Agamis dan Pentingnya Ekonomis …

Saktya Alief Al Azh... | 9 jam lalu

[Fiksi Fantasi] Runtuhnya Agate: …

Hsu | 9 jam lalu

Mencapai Gelinjang Orgasme di Kompasiana …

Pebriano Bagindo | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: