Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Abah Fani Bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg selengkapnya

sholat khusyuk, apaan tuh?

OPINI | 22 February 2010 | 20:56 Dibaca: 278   Komentar: 16   6

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka “pegang” wudhu, maksudnya wudhu isya “dipegang” sampe subuh, wudhu lohor “dipegang” sampe ashar, wudhu ashar “dipegang” sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus “dipegang”? yak supaya “pegang2an” , supaya mesra geetooh lhoohh … supaya suasananya berkesinambungan … ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan “pegang2an” suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh … lagian pake apa megangnya … pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Produksi Murah Jualnya Mahalan …

Gaganawati | | 23 October 2014 | 16:43

Astaghfirulloh, Ada Kampung Gay di …

Cakshon | | 23 October 2014 | 17:48

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

”Inspirasi Pendidikan” dari Berau …

Rustan Ambo Asse | | 23 October 2014 | 18:22

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Pak Presiden, Kok Sederhana Banget, Sih! …

Fitri Restiana | 6 jam lalu

Acara Soimah Menelan Korban …

Dean Ridone | 12 jam lalu

Dua Cewek Kakak-Adik Pengidap HIV/AIDS di …

Syaiful W. Harahap | 12 jam lalu

Singkirkan Imin, Jokowi Pinjam Tangan KPK? …

Mohamadfi Khusaeni | 14 jam lalu

Pembunuhan Bule oleh Istrinya di Bali …

Ifani | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Makna Kegagalan …

Hanif Amin | 8 jam lalu

Ketika Islam Dianaktirikan Penganutnya …

Anni Muhammad | 8 jam lalu

Menimba Ilmu bersama Komunitas Media di JMR …

Achmad Suwefi | 8 jam lalu

Kapan Tahun Baru 1436 H? …

Kasmui | 8 jam lalu

Catatan Yayat: Remote Control Traveller …

Kompasiana | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: