Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Abah Fani Bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg selengkapnya

sholat khusyuk, apaan tuh?

OPINI | 22 February 2010 | 20:56 Dibaca: 278   Komentar: 16   6

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka “pegang” wudhu, maksudnya wudhu isya “dipegang” sampe subuh, wudhu lohor “dipegang” sampe ashar, wudhu ashar “dipegang” sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus “dipegang”? yak supaya “pegang2an” , supaya mesra geetooh lhoohh … supaya suasananya berkesinambungan … ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan “pegang2an” suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh … lagian pake apa megangnya … pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Galeri Foto Extravaganza Banyumas 2015 …

Banyumas Maya | | 19 April 2015 | 13:39

Kenanglah yang Terindah Saja, Bandung Minggu …

Sugiyanto Hadi | | 19 April 2015 | 01:30

10 Artikel Terbaik Topik Pilihan Kompasiana …

Kompasiana | | 19 April 2015 | 13:34

Senangnya Bertemu Li Yongbo, Pelatih Kepala …

Shiloh Lumaris | | 19 April 2015 | 13:57

Kompasiana Blogshop bersama JNE Jangkau 4 …

Kompasiana | | 10 April 2015 | 15:13


TRENDING ARTICLES

Pemerintahan Jokowi Sangat Menggairahkan …

Alan Budiman | 6 jam lalu

Welcome Back Kompasianers Pro PSSI vs …

Binball Senior | 6 jam lalu

Premium Diganti Pertalite Akal-Akalan …

Ashwin Pulungan | 8 jam lalu

Kenapa Kursi untuk Jokowi Putih dan Kepala …

Imam Kodri | 14 jam lalu

Pasca Dibekukan, Kompetisi ISL Bakal …

Himam Miladi | 17 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: