Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Abah Fani Bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg selengkapnya

sholat khusyuk, apaan tuh?

OPINI | 22 February 2010 | 20:56 Dibaca: 278   Komentar: 16   6

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka “pegang” wudhu, maksudnya wudhu isya “dipegang” sampe subuh, wudhu lohor “dipegang” sampe ashar, wudhu ashar “dipegang” sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus “dipegang”? yak supaya “pegang2an” , supaya mesra geetooh lhoohh … supaya suasananya berkesinambungan … ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan “pegang2an” suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh … lagian pake apa megangnya … pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Inilah (Bocoran) Kunci Jawaban UN SMA 2014! …

Mohammad Ihsan | | 17 April 2014 | 09:28

Kapal Feri Karam, 300-an Siswa SMA Hilang …

Mas Wahyu | | 17 April 2014 | 05:31

Tawuran Pasca-UN, Katarsis Kebablasan …

Giri Lumakto | | 17 April 2014 | 09:09

Sudah Dikompres tapi Masih Demam, Salahkah? …

Widhi Handayani | | 16 April 2014 | 21:59

Kompasianer Mengawal Pemilu 2014 …

Kompasiana | | 09 April 2014 | 04:17


TRENDING ARTICLES

Agar Tidak Menyusahkan di Masa Tua …

Ifani | 4 jam lalu

Menguji Nyali Jokowi; “Say No to …

Ellen Maringka | 4 jam lalu

Dinda, Are You Okay? …

Dewi Nurbaiti | 5 jam lalu

Pelajaran Mengenai Komentar Pedas Dinda …

Meyliska Padondan | 6 jam lalu

Menakar Pasangan Ideal Capres - Cawapres …

Afdhal Ramadhan | 11 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: