Back to Kompasiana
Artikel

Filsafat

Abah Fani Bachsin

sedang belajar menyikapi sgala sesuatu dari sudut pandang yg tidak biasa & dgn cara2 yg selengkapnya

sholat khusyuk, apaan tuh?

OPINI | 22 February 2010 | 20:56 Dibaca: 278   Komentar: 16   6

khusuk tuh appaan seh? emangnya wajib? khusyuk tuh sungguh, maksudnya sungguh2 menjalankannya tapi bukan konsentrasi karena suasananya beda banget.

denger2 seh, suasana khusyuk tuh bisa dimulai dgn wudhu yg khusyuk, karena syarat sahnya sholat kan wudhu - wudhu yg sungguh lah, makanya gak aneh kalo orang2 tua dulu suka “pegang” wudhu, maksudnya wudhu isya “dipegang” sampe subuh, wudhu lohor “dipegang” sampe ashar, wudhu ashar “dipegang” sampe magrib/isya, dst.

kenapa harus “dipegang”? yak supaya “pegang2an” , supaya mesra geetooh lhoohh … supaya suasananya berkesinambungan … ini seh bahasa kerennya. 

kalo kita mah jelas jauh kemana2 deh utk bisa seperti itu, jangankan “pegang2an” suasana, apa yg mau dipegang aja gak tau tuh … lagian pake apa megangnya … pake tangan? uenak aja - emang lo pikir gw siape?  

mau dapet khusyuk? gimana caranya? untuk pemula seperti sy mungkin bisa dilatih dgn ilmu tepat2an, misalnya sholat tepat waktu, tepat tempat, tepat attribut, tepat gerakan & bacaan, dls. intinya seh smuanya harus di tepat2in atau di tepat2kan & dijalankan senyaman - semampunya kita tapi dgn disertai niat peningkatan baik kuantitas maupun kualitas.

utk yg gak ngarti atau belon mudheng soal2 begenean, khususnya yg tinggal di surabaya mungkin pelatihan ini bisa dijadikan langkah awal: http://www.facebook.com/home.php?#!/note.php?note_id=335208592936&id=118585664802&ref=mf

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Tentang Keaslian Akun Twitter @jokowi_do2 …

Blontank Poer | | 28 January 2015 | 16:12

Kisah Pencari Logam Mulia di Batu Hijau …

Dhanang Dhave | | 28 January 2015 | 09:59

Esensi “Tongsis” …

Fandi Sido | | 28 January 2015 | 10:42

Harta Karun Tanah Papua …

Rico Tude | | 28 January 2015 | 15:14

Ayah Bunda, Ini yang Sebaiknya Dilakukan …

Achmad Suwefi | | 27 January 2015 | 16:56


TRENDING ARTICLES

Aksi Heroik Raja Salman …

Muhammad Armand | 10 jam lalu

Pencalonan BG Bukan Inisiatif Jokowi! …

Elde | 11 jam lalu

Tim 9 Tidak Independen, Hanya Panggung …

Isson Khairul | 14 jam lalu

Inilah Alasan Effendi Simbolon Menunjukan …

Dean Ridone | 15 jam lalu

Jokowi Perlu Contoh Raja Baru Arab Saudi …

Mustafa Kamal | 18 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: